Analisis Jejaring Sosial

8 06 2012

Menurut pak Yanuar, analisis jejaring sosial adalah sebuah cara untuk memahami perubahan sosial. Metode penilitian ini digunakan untuk memahami siapa-siapa saja di dalam komunitas atau masyarakat yang memiliki andil dalam mendorong perubahan tersebut. Perlu diketahui bahawa pentingnya posisi seseorang di dalam jaringan tidak hanya ditentukan oleh seberapa banyak ia terhubung oleh banyak orang (node/titik) tetapi apakah seseorang menjadi jembatan dari orang-orang yang memiliki banyak jaringan. Jadi bukan lah faktor centrality yang merupakan faktor utama seseorang dianggap penting tetapi adalah information broker, yaitu seseorang yang bukan pusat dari keterhubungan banyak orang namun memiliki hubungan dengan orang-orang penting atau orang-orang yang memiliki banyak masa/pengikut. Klout, sebuah alat untuk mengukur pengaruh di social media, menyebut hal tersebut sebagai Network Influence dalam mengukur tingkat pengaruh seseorang di social media. Klout tidak menganggap bahwa jumlah fans/followers adalah jaminan seseorang atau sebuah brand memiliki pengaruh yang kuat. Ini dikarenakan kekuatan pengaruh kita ditentukan oleh seberapa pengaruh teman-teman di dalam jaringan kita dan seberapa cepat dan seberapa banyak konten kita di social media direspon dan disebar (amplification probability).

Untuk membuat riset dengan metode analisis jejaring sosial, kita dapat memanfaatkan software analisis jejaring sosial yang jumlahnya saat ini sudah cukup banyak. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Namun saya merekomendasikan Pajek dan Microsoft Node XL untuk memulai belajar penilitian analisis jejaring sosial tersebut. Berikut adalah contoh sederhana analisis jejaring sosial di kantor Virtual Consulting mengenai preferensi dalam memilih akun media di Twitter. Saya menggunakan software analisis jejaring sosial Pajek yang digunakan pak Yanuar ketika training kemarin.

Terlihat bahwa hampir seluruh karyawan Virtual memilih @detikcom, @metro_tv, dan @kompasdotcom sebagai akun media di Twitter yang diikuti dan paling sering dibaca di linimasa mereka. Saya akan lanjutkan pembahasan mengenai analisis jejaring sosial ini di posting selanjutnya.

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: